Powered By Blogger

Senin, 23 Agustus 2010

Misteri Kerajaan Sri Bangun ( di Kota Bangun )

Di tanah hulu memang tidak pernah terlepas dari yang namanya mistik. Seperti di daerah yang satu ini “KOTA BANGUN”, dari namanya mungkin terdengar seperti suatu tempat perkotaan. Tapi anda jangan tertipu dengan nama KOTA BANGUN, karena daerah ini bukanlah KOTA seperti yang anda bayangkan, akan tetapi kota bangun hanyalah nama desa/kampung atau nama salah satu kecamatan di Kukar.

Banyak sekali cerita-cerita mistik di daerah ini, seperti cerita hantu dan lain-lain,  Bahkan tim UKA_UKA dari TPI pun pulang dan tidak jadi mengadakan uji nyali di PLN kota bangun (menurut paranormal dari uka-uka, di situ terlalu berbahaya/ hantunya ganas, maka uji nyali di kota bangun pun di batalkan), karena tidak ingin pulang sia-sia lalu kemudian tim uka-uka pergi ke tenggarong untuk mengadakan uji nyali di Museum Tenggarong. Tetapi ternyata dimuseum juga berbahaya, tahukah anda!!! menurut cerita, setelah pulang dari tenggarong (setelah megadakan uka-uka di museum tengggarong) para normal uka-uka meninggal secara misterius dalam perjalanan ke Balikpapan.

Selain itu di kota bangun ada cerita tentang hilangnya sebuah kerajaan secara misterius, namanya Kerajaan Sri Bangun. Kerajaan ini dulu pernah ditaklukkan oleh Kerajaan Kutai Martadipura. Kerajaan ini disebut-sebut menghilang secara gaib. Konon dulu pada zaman kerajaan martadipura berkuasa, pihak kerajaan sri bangun tidak mau lagi membayar upeti kepada pihak kerajaan martadipura. Lalu mereka (orang-orang sri bangun) memutuskan untuk mengadakan  upacara (ritual) untuk menggaibkan kerajaan dan orang2 mereka. Sehingga mereka bebas dari kekuasaan kerajaan martadipura.

1.      Misteri Kerajaan Sri Bangun

Sampai sekarang kerajaan Sri Bangun memang masih menjadi misteri bagi para sejarawan dan penduduk kota bangun khususnya. Bagi para sejarawan misteri kerajaan ini mungkin terletak pada minimnya bukti-bukti sejarah guna mengetahui tentang kerajaan ini pada masa lampau. Bagi masyarakat kota bangun misteri kerajaan ini adalah sebuah cerita “peristiwa gaibnya kerajaan Sri Bangun”. Masyarakat kota bangun saat ini masih meyakini/mempercayai keberadaan kerajaan ini sampai sekarang ini, namun keberadaannya ada secara gaib. Kejadiaan-kejadian aneh tentang sri bangun:

  • Beberapa orang yang mengaku pernah melihat kerajan besar dan megah berdiri di sekitar situs kerajaan sri bangun tersebut. Padahal disana hanya ada lahan kosong.
  • Beberapa orang mengaku pernah di dibawa orang gaib masuk ke alamnya, dia menyatakan bahwa dia melihat kota besar dan megah.
  • Beberapa orang yang baru datang berkunjung di kota bangun, menyatakan melihat perkotaan yang besar dan ramai di daerah bekas lapangan pesawat (sebelum memasuki perkampungan kota bangun). Kejadian ini sejak dulu hingga sekarang memang sering terjadi. Seperti beberapa tahun lalu ketika MTQ tingkat kabupaten Kutai Kartanegara di laksanakan di kota bangun.
  • Di desa kedang murung dulu sering terjadi penampakan mobil yang berwarna kuning lewat melintasi jembatan kedang murung. Mobil tersebut diyakini masyarakat kedang murung sebagai mobil milik orang sri bangun (orang gaib).
  • Pernah kejadian seorang pengantar mobil truk ke kota bangun. Orang tersebut mengantar truk pesanan dari samarinda ke kota bangun sebanyak 10 truk (katanya mobil truk itu dibeli oleh warga kota bangun). Setelah mengantar truk tersebut, kemudian dia singgah di salah satu warung yang di kota bangun, pemilik warung tersebut bertanya: “anda dari mana mas??”. Saya dari samarinda, saya kesini tadi habis ngantar truk pesanan orang,  Jawab pengantar tersebut. “siapa yang memesan truknya mas??” Oh.. itu orang di atas (di gunung sekitar bekas lapangan pesawat), di atas rame sekali kota nya ya.., ungkap pengantar tersebut. Padahal di situ tidak ada rumah sama sekali (hanya lahan kosong). Banyak lagi kejadian serupa seperti di atas sampai saat ini. Seperti pemesanan sepeda motor dll.

Tahukah anda!! Percaya tidak percaya, beberapa orang di kota bangun ada yang bersahabat dengan orang gaib bahkan ada yang kawin dengan orang gaib sampai menghasilkan anak pula. Bahkan anak mereka yang gaib ini sekolah di sekolah-sekolah di alam nyata alam kita. Dan ada yang sampai ke perguruan tinggi seperti Unmul dan lain-lain. Ketika orang-orang gaib ini melakukan transaksi dengan manusia maka mereka akan berubah seperti manusia biasa. Oleh karena itu mereka bisa berbelanja dan bersekolah di alam kita.
BELIEVE IT OR NOT !!!

34 komentar:

Maju terus Leh orang kota bangun ..Dulu saya pernah tinggal di sana kira2 tahun 1982-84"Nade kunelek"itulah bahasa yang sampai saat ini masih saya ingat.Untuk yang satu ini [mistik]saya juga sempat mengalaminya saat itu...serem juga tp berhubung saya lahir & besar tenggarong jd hal2 seperti itu sudah biasa ......

au q percaya ngia kwan :D

au beneh ge ngia kwn. . .uje kesah urang tuha dulu hak kwn

Percaya ane. orang gaib itu mang ada. soalnya tante ane paranormal. Dan dia tau mana org nyata mana org gaib. Ciri2 org gaib ntu. Ga ada ruas di atas bibir. dan biasanya mereka transaksi jg pake Kunyit. Kl org yang biasa dengan hal spt itu. Kunyit itu emas. Jd kl dikasih kunyit ma org yg ga jelas. Jgn dibuang ya...!!!

benenya,... keluargeku ade' a
ha'tege'ngiy,....

olopatt memg ngeri ge kesah ye uka2 di.. mmg yoo di tgr hantu x hebet2 .. oea aku nie urg geib x tahu pa mkan manusia.a?

jika punya kemampuan Gaib... Silah diCek Sendiri keberadaan Kota/Kerajaan Besar Sri Bangun.... ^_^

Ijin copy Gan...salut artikelnya n salam kenal. Thanks...

kalu kampung batu inang di kalimantan ada g ci sebenarnya???????mohon informasinya ya kawan2

Teman2 kalu ada yang tw info tentang kampung batu inang segera kirim email ke futago_echy@yahoo.co.id. Selain itu saya mau tanya dunk. .kalu ada teman yang dibawa ke kampung gaib apakah teman kita itu udh mati atau masih hidup ya????

Aku punya foto Penampakan PURI di sekitar pembangunan jalan layang jembatan martadipura kota bangun! foto diambil dari ponsel.. cek di facebookku.. Eyza Varicela

thanks dingsanak!

ni link facebooku.. eyza varicela
http://www.facebook.com/eyza.varicela?ref=tn_tnmn

Untuk yg di bawa ke kampung gaib itu ke banyakkn masih bisa selamat tapi dengan bantuan orang setempat dan jg paranormal, kejadian terakhir sekitar tahun 2009-2010 sempat terjadi beberapa kejadian kebetulan orang itu teman saya,,
Ada jg seorang nenek tapi sayangnya nyawanya tidak terselamatkn, klo mish ada yg ingin ditanyakn tntang kota bangun insya allah saya tau seluk heluknya

bneh ge pa.. mdei sampai dpat sekolha ank.a leh,,

pkir2 dlu bwt ke bangun nc...takut..hehehe

Hem...rame jua kesah kota bangun..
Kendia hak leh,dpat jln2 ke kota bangun..klw dpt bini org kota bangun..hahah

Maseh ada lagi kah kesahnya, Citelah-citelah dak degar ne

Lopaaaatt habis kah kesahx neee....wadaakk yooooo hehehehehehee

Kesah nie memang bujurge, dulu Nenek nyawa nie nyabbut Kota Bangun tu adalah BENUA, artinya kampung besar dan rame, mudah2an KOTA BANGUN segera menjadi KOTA BESAR SRIBANGUN

Urang Kota bangun, singgeh hak ke blog nywa deket.. aku handek posting tgek ngini juge leh.. Izin COPAS SOB..

Mbecai tulisan ni jedi jonok beneh ngan kotabangun.. nyawa di jewa minni..lah 2 tahunan nade mulang saneh..

gawalnya ku baca sejarah urang tuha bahari,

Walaupun aku suku jawa tetapi aku cinta Kota Bangun, karena aku lahir dan dibesarkan disana bahkan sampai saat ini. I LOVE KOTA BANGUN

Walaupun aku suku jawa tetapi aku cinta Kota Bangun, karena aku lahir dan dibesarkan disana bahkan sampai saat ini. I LOVE KOTA BANGUN

"Nade kunelek" dalam bahasa indonesia artinya "aku tidak melihatnya"

"Nade kunelek" dalam bahasa indonesia artinya "aku tidak melihatnya"

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,saya dengan h.irma
Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ataupun usaha dlm keadaan tdk normal
Awal mula saya meminta arahan beliau karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan ki sholeh pati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI SHOLEH PATI untuk diberikan petunjuk dan arahan Semua saya ikuti dan hanya beberapa hari saja Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada berkat petunjuk beliau Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SHOLEH PATI dinomor beliau di 0852-1905-3025 situsnya http//persugihanpatishole.blog.spot.co.id agar di berikan arahan boleh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi KI SHOLEH PATI pasti akan di bantu oleh beliau.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More